Apa itu
pemecahan masalah
?
Solving
a problem means finding a way out of
difficulty, a way arround an obstacle, attaining an aim which is not
immeiatelly attainable ( Polya, 1981)
Menyelesaikan
masalah adalah upaya untuk mencari jalan keluar
dari masalah tersebut. Jadi dalam menyelesaikan masalah harus melewati
proses terlebih dahulu ( berfikir keras) kemudian menemukan hasil.
Problem
solving means enganging in task for which solution method.
Bagaimana
cara mengikat siswa dalam menyelesaikan problem solving?
Matematika
ada didalam kehidupan sehari-hari , jika ingin mengikat siswa dalam
menyelesaiakan proble solving maka seorang guru harus mengaitkan masalah
tersebut pada kehidupan sehari-hari. Bagusnya guru tersebut menyajikannya dalam
situasi yang menarik dalam menemukan solusi dan melibatkan ide matematika
didalamnya.
Jika
pada diskusi terdapat perbedaan pendapat itu merupakan pengalaman berharga
dalam sebuah pengalaman belajar.
Ada empat langkah pemecahan masalah
(Polya), yaitu ;
1.
Memahami masalah ( understanding the problem)
2.
Merancang rencana (devising the problem)
3. Melakksanakan rencana ( carring out the plain)
4. Melihat kembali (locking back)
Contoh :
Triangle trans each side of each triangle
in the figure at the right is one inch. If there are 12 triangles in a row,
what is there perimeter of the figure ?
Dari
contoh soal diatas , siswa akan menggunakan banyak model dalam menyelesaikan
masalah tersebut dan guru akan mendapat
banyak jawaban dari siswa .
Untuk
menyelesaikan persoalan dengan problem solving , guru atau murid harus
1.
Harus tahu apa yang diketahui dan ditanya
2.
Membuat rencana
3.
Membagi permasalahan
Contoh
lain
Seorang guru menyuruh siswa untuk
menghitung jumlah 100 bilangan asli
pertama.
Pada permasalahan ini kita akan menemukan
banyak jawaban dan model penyelesaian yang bervariasi dari siswa , dan ini juga
yang terjadi pada ilmuan Gauss sewaktu ia masih sekolah. Tahukan anda apa yang
ia pikkirkan ? ia menyelesaikan permasalahan tersebut secara aritmatika, yaitu
S =
1 +
2 + 3 +...+100
S = 100 + 99 + 98 +...+ 1 +
2s=101
+101+101+...+101
2s=100
x 101
2
2s = 5050
0 komentar:
Posting Komentar